Instal Drupal di PeCel ( PCLinuxOS)

Posted on
  • by
  • AL-syaf IdNa
  • in
  • Label:


  • Bismillahirrahmanirrahim,,,,,
    Assalamu'alaikum Wr Wb,,

    Menyambung tulisan saya sebelumnya yaitu Instal Drupal 7, kali ini adalah trik penginstalan drupal di PeCel ( PCLinuxOS) atau di Linux,,

    Langsung saja kita kelangkah-langkahnya,,



    1. Saya anggap rekan-rekan sudah berhasil mengsintall apache, MySQL dan PHP di Linux yang akan digunakan, jika belum silahkan baca tulisan saya sebelumnya Install Wordpress di PCLinuxOS
    2. Buka konqueror - superuser mode dari File Manager agar kita bisa membuka folder sebagai root, lalu buka folder /var/www/html/ dan copy file Drupal yang sudah didownload tadi kedalam folder tersebut.

    3. Ekstrak file drupal tadi dan rubah nama foldernya sesuai selera, saya merubah nama folder menjadi drupal agar lebih mudah.
    4. Buka browser anda lalu ketikkan localhost/drupal/ (sesuaikan dengan nama folder drupal anda). Maka akan muncul gambar berikut, klik tombol Save and Continue

    5. Hamalan berikutnya akan muncul verifikasi kebutuhan Drupal seperti gambar dibawah ini. Perhatikan tanda error yang berwarna merah, kita perlu memenuhi syarat kebutuhan drupal agar bisa menginstallnya.


    6. Mari kita cek satu persatu pesan errornya untuk kita penuhi apa yang diperlukannya, mulai dari awal yaitu terlihat drupal membutuhkan PHP-Extension yaitu pdo (PHP Data Objects). Solusinya buka Synaptic anda lalu cari php-pdo setelah ketemu cari juga mysql-pdo lalu install file tersebut.


    7. Setelah Extension pdo sudah diinstall silahkan reload browser anda tadi lalu lihat 2 baris error sudah hilang.


    8. Pesan error berikutnya yaitu karena tidak ada folder files didalam folder /site/default/ didalam folder drupal. Solusinya kita harus buat folder files tersebut.


    9. Setelah folder files dibuat ubah hak aksesnya dengan cara klik kanan difoldernya lalu pilih properties dan ubah permissionsnya seperti gambar dibawah.


    10. Reload kembali browser anda dan lihat satu error sudah hilang, tinggal satu error lagi yang harus kita perbaiki.


    11. Error yang terakhir memberitahukan bahwa tidak ada file setting.php didalam folder /site/default/ didalam folder drupal dan kita diarahkan untuk mengcopy file default.setting.php lalu merubah namanya menjadi setting.php kedalam folder tadi.


    12. Setelah file setting ada maka didalam folder /site/default/ akan berisi file seperti tampak pada gambar.


    13. Sebelum melanjutkan rubah dulu hak akses file setting.php tadi seperti cara sebelumnya pada folder files.


    14. Reload kembali browser anda, maka halaman error pun hilang beralih kehalaman konfigurasi database.



    15. Kita buat database dulu untuk menyimpan data-data drupal nantinya, buka phpMyAdmin melalui browser dengan mengetikkan perintah /localhost/phpMyAdmin/ lalu buat databasenya, saya membuat dengan nama drupal.



    16. Kembali lagi kehalaman konfigurasi database lalu isikan nama database anda dan username phpMyAdmin anda kemudian klik tombol save and continue.
    17. Tunggu sampai prosess installasi selesai.
       18. Setelah selesai akan muncul halaman Configuartion Site, isikan data yang diminta lalu klik tombol save adn continue untuk melanjutkan proses berikutnya.


    19. Proses installasi pun berhasil, klik visit your new site untuk melakukan setting pada web baru anda.












    20. Halaman website anda pun berhasil dibuat untuk selanjutnya anda setting sesuai dengan kebutuhan.


     


     yapz,,, selesai... untuk selanjutnya silahkan di oprek sendiri,,,

    terima kasih
    Wassalam,,,

    0 komentar:

    Posting Komentar