MENGENAL LEMBAR KERJA DELPHI

Posted on
  • by
  • AL-syaf IdNa
  • in
  • Label:
  • Assalamu'alaikum Wr Wb...
    Mengenal Bahasa Pemrograman Delphi,,



    PENJELASAN MASING-MASING BIDANG LEMBAR KERJA
    Gambar di bawah ini adalah salah satu Bagian dari lembar kerja Delphi. Isinya terdiri dari, Menu Bar (File, Edit, dll), Icon ToolBar (Save All, Open Project, Run, dll), dan Tab Komponen Pallete (Tab Standard, Additional, Win32, dll).


    Gambar di bawah ini digunakan untuk mengetahui daftar komponen yang terkait pada form yang ditampilkan dalam bentuk tree (pohon). Komponen yang sedang aktif biasanya diberikan tanda Shading Color pada nama komponennya.


    Gambar di bawah ini dinamakan Object Inspector digunakan mengetahui sifat serta Event dari masing-masing komponen yang digunakan (biasanya pada form) Dalam Object Inspector terdapat 2 Tab, yaitu : Tab Properties dan Tab Events. Tab Properties digunakan untuk mengetahui serta menentukan sifat dari komponen yang sedang aktif (yang sedang ditunjuk), seperti : tinggi, warna, Font, dll.
    Contoh Pada Object Inspector di bawah ini, menujukkan komponen yang sedang aktif adalah Button1. Untuk mengetahuinya lihat pada DropDown List-nya disana tertulis Button1. Pada Tab Properties terdapat 2 kolom, yaitu : Kolom yang sebelah kiri bernama Property (nama sifat komponennya), Kolom yang kedua bernama Value (nilai) menunjukkan nilai sifatnya, seperti : Berapa Tingginya, Apa warnanya, dll. Contoh :
       
    ** Terima Kasih **
    *** Semoga Bermanfaat ***

    0 komentar:

    Posting Komentar