Amankan Anak Anda dari Bahayanya Teknologi Internet...

Posted on
  • by
  • AL-syaf IdNa
  • in
  • Label:

  • Assalamu'alaikum,,,,,
    Internet telah banyak menunjukkan potensi bahaya pada anak-anak. Akun pemangsa anak, penjualan online obat-obat berbahaya, dan berbagai macam muatan seksual adalah masalah yang sangat nyata di Internet. Banyak orangtua yang hati-hati dan membatasi apa yang anak-anak mereka lakukan dengan komputer, tetapi ada banyak yang tidak. Ada orangtua yang tidak peduli bahkan tidak menyadari potensi risiko buruknya.

    Pada awal November Family Online Safety Institute mengadakan konferensi tahunan di Washington, DC. dengan topik: “Internet Freedom, Safety & Citizenship: A Call to Action” (Kebebasan Internet, Keamanan & Kewarganegaraan: Sebuah Panggilan Untuk Melakukan Tindakan). Konferensi ini berfokus terutama pada apa yang dilakukan anak-anak dengan teknologi komunikasi.

    Konferensi tahun ini dihadiri hampir 500 peserta, termasuk pembicara dari beberapa perusahaan ternama, seperti Microsoft dan Yahoo. Selain dari mereka yang hadir dalam konferensi, lebih dari 500.000 orang membaca acara tersebut melalui Twitter seolah-olah konferensi sedang berlangsung, menurut Marian Merritt dari blog Symantec.

    Saat acara sedang berlangsung, 1485 orang mengirimkan hashtag Twitter tunggal, #fosi2010. (Hashtag atau # adalah keyword atau tag yang ada pada pesan twitter). Dari 1485 “tweet” di Twitter, sebuah perangkat  digunakan untuk melihat berapa banyak orang membaca tweet. Penghitungan akhir berjumlah 575.394 orang. (Salah satu peserta, Denise Terry dari SafetyWeb.com menggunakan alat yang disebut “TweetReach” untuk menemukan jumlah ini)

    Perangkat ini menampilkan beberapa pertanyaan serius. Jika lebih  dari setengah juta orang dapat ditarik oleh sebuah ‘hashtag’ hanya dalam beberapa hari, maka berapa banyak orang yang benar-benar membaca informasi anak-anak kita? Berapa banyak orang sebenarnya sedang melakukan kontak dengan anak-anak kita? Dan apa yang kita ketahui tentang orang-orang ini? Hal ini sangat mungkin jika satu anak membuat posting topik yang sesuai, mereka juga dapat berhubungan dengan setengah juta orang lebih dalam satu atau dua hari.

    Anak-anak kita sekarang terhubung lebih dari yang mungkin kita pikirkan. Dengan munculnya media sosial dan koneksi Internet yang semakin cepat, orang-orang kini sangat erat terhubung ke seluruh penjuru dunia. Percakapan digital sekarang terjadi secara real-time, dan tidak lagi terbatas pada komputer di rumah. Wi-Fi hotspot dan ponsel cerdas telah membawa teknologi ke manapun kita pergi.

    Jadi, bagaimana kita melindungi anak-anak kita dari pengaruh hal-hal tertentu di Internet? Untungnya, ada banyak alat yang dirancang untuk mengatasi masalah ini.

    Sebagian besar sistem operasi sekarang hadir dengan kontrol orangtua. Windows 7 sekarang hadir dengan berbagai macam peralatan untuk orang tua, baik bagi program dan bagi konten web. Membatasi program dapat membantu melindungi komputer dari malware atau  virus yang menggunakan program lain untuk mendapatkan akses ke sistem komputer. Filter website bisa digunakan dalam banyak hal, seperti memblokir akses ke situs dewasa atau situs perjudian.

    Mac OS X dan Ubuntu Linux,  dua-duanya dibuat dengan alat pengatur untuk pengawasan orangtua.
    Ada juga berbagai layanan yang dapat membantu melindungi pengguna internet dengan jenis perlindungan yang berbeda.

    OpenDNS memiliki alat ampuh yang disebut “Family Shield”. Tool/alat ini tidak perlu diinstal, dan bisa digunakan tak peduli apakah Anda menggunakan Windows, Mac, atau Linux. Ia memblok komputer dari situs-situs yang tidak diinginkan, seperti situs dewasa, situs phising, atau website yang dikenal untuk menyebarkan virus. Tool ini juga membuat sulit untuk menerobos perlindungan, seandainya pengguna dengan sengaja berusaha untuk masuk ke sebuah website yang telah diblokir.

    Mereka menawarkan versi gratis, serta versi berbayar. Versi berbayar dilengkapi dengan filter lagi.
    Ada banyak produk lainnya yang tersedia untuk membantu kita melindungi diri dari isi yang tidak diinginkan.

    Selain dari solusi ini, banyak layanan online yang mulai menawarkan keamanan dan pilihan privasi. Kebanyakan mesin pencari utama memiliki filter konten, terutama ketika mencari gambar atau video.
    Di sisi lain, seperti YouTube, bahkan tidak mengizinkan konten dewasa di situs mereka. Di YouTube, pengguna diperlukan untuk mendaftar dan login untuk memverifikasi usia mereka sebelum mendapatkan akses ke konten yang ditandai sebagai porno atau menye-rang kalangan tertentu.

    Selain itu, orang bisa langsung memblokir situs-situs di perambah web yang mereka gunakan. Mozilla Firefox, Safari, dan Internet Explorer semua memiliki kemampuan untuk memblokir situs-situs yang tidak diinginkan.

    Setiap alat yang digunakan untuk memblokir atau filter konten web merupakan langkah ke arah yang benar. Namun, ada satu cara yang sangat efektif untuk menjaga anak-anak tetap aman, yang tidak memerlukan teknologi: yaitu dengan berbicara dengan mereka dan mendidik mereka.

    Ada banyak organisasi yang memberikan orang, sumber-sumber untuk melindungi diri mereka (para orangtua) dan anak-anak mereka saat menggunakan internet. The Family Online Safety Institute, misalnya, menawarkan sumber-sumber untuk membantu orang tua. Informasi ini dibuat dalam bentuk pendidikan. Informasi ini meliputi cara-cara untuk mendidik anak-anak Anda secara efektif dan bahan bacaan yang dapat diberikan orang tua kepada anak-anak untuk dibaca sendiri.

    Banyak anak-anak sekarang yang tidak bisa lepas dari komputer. Hal ini dapat memberi mereka ‘bingkai’ alami saat menggunakan komputer, bila dibandingkan dengan orangtua yang tidak belajar menggunakan komputer sampai akhir hayatnya nanti.

    Untungnya, ada banyak orang di luar sana mencari jalan ke luar bagi anak-anak. Organisasi seperti SafetyWeb dan the Family Online Safety Institute dapat membantu orangtua untuk memahami bahaya penggunaan internet dan mendapatkan alat untuk membantu menjaga keluarga mereka agar aman. (The Epoch Times)

    1 komentar:

    AL-syaf IdNa mengatakan...

    apa yang anda lakukan terhadap anak anda,,,???

    Posting Komentar